Yuk, Kenali Rating Dalam Film!



Kita ... setiap sebelum mau menonton sebuah film, baik itu Live Action, Animasi atau pun Teater seyogyanya kenali dahulu tentang nilai kelayakan tonton film tersebut. Apalagi ketika anak-anak di bawah umur ikut nimbrung bersama kita. Sudah menjadi tanggung jawab bagi para orang tua, untuk membina mereka.

Rating (penilaian). Apa itu rating?
Rating di sini bukanlah berarti peringkat seperti kebanyakan orang salah pahami. Rating di sini berupa acuan tentang kelayakan tontonan berdasarkan umur penontonnya. Rating ini biasanya berupa kode-kode rating tertentu dalam kemasan sebuah film. Rating ini diputuskan oleh dewan penilaian yang dikenal dengan nama Classification and Rating Administration (CARA). Dewan ini beroperasi di bawah MPAA dan National Association of Theater Owners (NATO). Mereka inilah yang bertanggung jawab memberikan nilai pada sebuah film. Standarisasi inilah yang kemudian digunakan acuan bagi seluruh dunia yang dikenal sebagai Rating.

G – General Audiences. 

All Ages Admitted. 
Layak untuk semua kalangan usia. Biasanya dalam sebuah film G-rated ini tidak mengandung hal yang tidak pantas bagi anak-anak seperti bahasa, ketelanjangan, seks, kekerasan ataupun hal-hal lain yang kurang pantas dipertontonkan bagi anak-anak di bawah umur. Biasanya film seperti ini ber-genre Slice of life (dalam kisah sehari-hari). Sehingga tak membuat para orang tua berkeringat dingin ketika anak-anaknya menonton film ber-rating G-rated menontonnya sendiri.

PG – Parental Guidance Suggested. 

Some Material May Not Be Suitable For Children.
Layak untuk semua anak-anak, bimbingan orang tua disarankan. Beberapa materi bisa saja tidak cocok untuk anak-anak. Sebuah film ber-rating PG-rated baiknya orang tua mendampingi bisa saja ada beberapa adegan dan penggambaran kekerasan atau kesenonohan. Namun elemen ini tidak dianggap begitu kuat untuk mewajibkan orang tua harus mendampingi anak-anaknya menonton.

PG-13 – Parents Strongly Cautioned. 

Some Material May Be Inappropriate For Children Under 13.
Layak untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun, orang tua wajib mendampingi. Terdapat materi tidak pantas untuk anak-anak di bawah 13 tahun.
Sebuah rating PG-13 adalah peringatan tegas untuk para orang tua. Bisa jadi terdapat unsur, kekerasan, ketelanjangan, sensualitas, bahasa, atau beberapa perilaku dewasa yang tak semestinya diperlihatkan ke pada anak-anak di bawah usia 13 tahun. Jadi baiknya kita sebagai orang-tuan mendampingin mereka ketika menontonnya.

R – Restricted. 

Children Under 17 Require Accompanying Parent or Adult Guardian.
Layak untuk anak-anak berusia di bawah 17 tahun. Sebuah film R-rated bisa saja termasuk tema dewasa yang menampilkan aktifitas dan bahasa yang kera. Biasanya juga terdapat beberapa unsur kekerasan dan seksualitas ringan.

R – 17+ 

Violence & profanity
Layak untuk anak-anak berusia di atas 17 tahun. Bisa dipastikan akan banyak adegan tak senonoh dan kekerasan dalam sebuah film ber-rating R-17+.

NC-17 – 

No One 17 and Under Admitted.
Baik dari namanya saja kita sudah tahu. Sebuah film ber-rating NC-17 ini hanya diperuntukan bagi kalangan dewasa. Isinya sudah pasti 80% adegan kekerasan dan tak senonoh.

Sebuah rating dalam sebuah film hanyalah patokan dari penilaian orang lain ... tentang layak atau tidak layaknya kembali lagi kepada kita masing-masing. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk, Kenali Rating Dalam Film!"

Post a Comment