R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Cari Blog Ini

Internet Marketing

internet marketing

Di era digitalisasi saat ini banyak orang yang mengakses berbagai informasi terbaru melalui internet. Penggunaannya juga tidak hanya sekedar untuk kebutuhan menampilkan informasi saja. Namun, saat ini juga dapat digunakan untuk kegiatan bisnis. Salah satunya dengan menerapkan strategi internet marketing yang tepat.

Pada artikel kali, kami akan membahas mengenai apa itu internet marketing, tujuan penerapannya, strategi, hingga manfaat yang dimilikinya untuk kemajuan sebuah bisnis. Sehingga, anda juga dapat mencoba mengimplementasikannya untuk membuat dan mengembangkan bisnis secara online.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan bantuan internet melalui berbagai media atau platform berbasis online. Contoh platform yang sering dipakai adalah website, email, blog, mesin pencari, dan media sosial.

Selain itu, internet marketing juga dapat dikatakan sebagai online marketing. Dimana, segala proses pemasaran dilakukan secara online dengan bantuan teknologi digital yang ada. Namun, prinsip pemasarannya tidak jauh berbeda dengan metode konvensional.

Tujuan Internet Marketing

Tujuan dari internet marketing sendiri adalah untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas dan banyak. Melalui jaringan internet, kita dapat terhubung dengan berbagai sumber dan konsumen yang jauh lebih luas. Bahkan tidak terbatas hanya di suatu daerah saja, namun berskala global.

Sekitar 68% pengunjung internet melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Oleh karena itu, penggunaan platform online juga semakin meningkat dan dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk pada bisnis yang anda jalankan.

Dengan melakukan promosi, maka konsumen akan semakin aware dan lebih tertarik untuk menggunakan produk anda. Semakin banyak konsumen yang datang, maka trafik pengunjung dari website atau platform anda akan semakin baik. Selain itu, anda juga dapat memberikan berbagai informasi menarik dan terbaru melalui sebuah blog dalam bentuk tulisan artikel.

Strategi Internet Marketing untuk Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari internet marketing, berikutnya masuk pada pembahasan mengenai strategi internet marketing untuk menunjang kebutuhan bisnis anda.

    1. Membuat sebuah website

Banyak sekali tutorial maupun pelatihan untuk membantu anda dalam membuat dan mengembangkan sebuah website. Tujuan dari pembuatan website sendiri adalah sebagai platform untuk memperkenalkan berbagai jenis layanan dan informasi seputar bisnis dan perusahaan anda.

Biasanya sering disebut dengan website company profil. Jika anda tidak memiliki keahlian di bidang pemrograman, maka anda dapat menyerahkan tugas pembuatan website pada seorang programmer maupun perusahaan di bidang software house untuk membantu proyek anda.

Tidak semua website diciptakan melalui pengembangan website secara manual, namun bagi anda yang tidak memiliki basic coding, anda dapat mencoba untuk menggunakan WordPress. Penggunaan WordPress dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Dengan menggunakan bantuan WordPress anda tidak perlu mengetahui bahasa pemrograman secara detail, namun anda akan memilih beberapa fitur penting seperti plugin untuk membantu proses pembuatan website.

    2. Meningkatkan trafik dengan bantuan SEO

Contoh internet marketing yang selanjutnya adalah SEO (Search Engine Optimization). Pekerjaan ini termasuk dalam strategi yang saat ini cukup populer dan sedang naik daun. Dimana, tujuan utama dari SEO adalah meningkatkan trafik perusahaan, serta melakukan optimasi, baik secara teknis maupun non – teknis.

Sehingga, halaman situs bisnis anda dapat masuk pada halaman pertama Google. Ada banyak sekali optimasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip SEO. Mulai dari On Page, Off Page. Serta melakukan riset keyword (kata kunci) untuk membantu anda dalam menarget produk dengan kondisi pasar yang ada.

    3. Menerapkan email marketing

Apakah anda pernah mendapat sebuah notifikasi pada email anda yang berisi konten dalam bentuk artikel maupun iklan terkait jasa produk perusahaan? Nah, contoh tersebut disebut juga dengan email marketing.

Strategi internet marketing ini menggunakan bantuan platform seperti Gmail. Walaupun biasanya masih ada yang menganggap sebagai sebuah spam. Namun, fakta yang sebenarnya adalah dengan melakukan promosi melalui email, maka konsumen mayoritas akan mengecek pesan yang terkirim pada alamat email anda.

Langkah tersebut terbukti cukup efektif untuk menarik minat konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa milik anda. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyulitkan konsumen untuk membeli produk tersebut.

    4. Optimasi pada social media marketing

Banyak cara untuk meningkatkan brand produk yang anda miliki. Salah satu contoh internet marketing yang dapat anda gunakan adalah dengan mengaitkan akun anda pada berbagai media sosial yang ada.

Pemasaran dengan menggunakan bantuan social media marketing terbukti cukup efektif. Di dalam media sosial sendiri, anda dapat membuat berbagai media promosi untuk memperkenalkan produk brand anda.

Contoh media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Facebook, Twitter dan Instagram. Dimana, pada setiap platform social media tersebut juga terdapat fitur untuk memperkenalkan produk melalui iklan berbayar. Sebagai contoh, Facebook Ads, Twitter Ads, dan Instagram Ads.

    5. Membuat blog

Jika anda memiliki minat dan keahlian untuk membuat tulisan, maka tidak salahnya untuk mengerjakan bisnis tersebut. Membuat sebuah blog pribadi atau perusahaan tergolong salah satu strategi internet marketing yang cukup efektif.

Mengapa demikian? Cara paling efektif untuk mendapatkan trafik pengunjung yaitu dengan membuat halaman website untuk menampilkan berbagai informasi dalam bentuk artikel. Pastikan untuk membuat sebuah artikel juga melakukan optimasi SEO, agar artikel yang telah dibuat dapat masuk pada SERP (Search Engine Result Page) dari Google.

    6. Memanfaatkan Google Bisnisku

Contoh internet marketing yang selanjutnya adalah memanfaatkan penggunaan Google Bisnisku. Fitur ini dikembangkan langsung oleh Google untuk membantu setiap pemilik usaha, baik tingkat menengah kebawah maupun perusahaan untuk mendaftar setiap informasi kepada fitur ini.

Dengan adanya Google Bisnisku, anda dapat memberikan berbagai informasi seperti, menambahkan alamat kantor, jam kerja, nama website, dan lain sebagainya. Keuntungan yang paling utama adalah, usaha atau gerai anda secara otomatis akan ditampilkan pada Google Maps.

    7. Melakukan affiliate marketing

Contoh internet marketing yang terakhir adalah dengan mengikuti program afiliasi. Bagi anda yang masih awam dan tidak mengetahui program afiliasi, yaitu pekerjaan yang bertujuan untuk mempromosikan produk milik suatu perusahaan yang mana, nantinya jika produk tersebut berhasil terjual, maka akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Supaya program afiliasi berjalan dengan baik, maka anda harus memastikan untuk membidik dan orang yang tepat untuk membuat dan merancang konten yang sesuai dan dapat menarik minat konsumen. Yang terpenting, program afiliasi yang akan anda ikuti harus sesuai dengan industri yang sama dengan bisnis anda. Sehingga, anda dapat memahami produk atau layanan tersebut dengan lebih baik untuk mencapai tujuan bisnis.

Manfaat Internet Marketing untuk Bisnis

Berikutnya, masuk pada pembahasan mengenai beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet marketing.

    1. Tidak memerlukan modal yang besar

Pertama, anda tidak memerlukan modal yang besar untuk mengembangkan bisnis anda melalui internet. Anda hanya memerlukan strategi yang tepat, serta melakukan riset mengenai kompetitor dari produk anda.

    2. Jangkauan customer yang lebih luas

Dengan bantuan media internet, dapat meningkatkan cakupan atau scope customer secara luas. Sehingga relasi yang dapat anda peroleh tidak hanya dalam ruang lingkup daerah atau nasional. Akan tetapi juga masuk pada cakupan masyarakat global.

    3. Proses optimasi dan performa yang dapat diukur

Apabila menggunakan metode bisnis konvensional, proses evaluasi dan monitoring bisnis akan sedikit sulit jika dibandingkan dengan melakukan proses optimasi menggunakan metode online marketing. Dari sisi efektivitas dan efisiensi, pemasaran melalui internet dapat memberikan keuntungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

    4. Aktivitas pemasaran menjadi lebih mudah

Manfaat yang terakhir adalah kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dan cepat. Tidak ada batasan tempat dan waktu untuk melakukan proses bisnis, jika menggunakan pemasaran menggunakan bantuan internet. Kemudian, sebagian besar pengguna internet juga banyak menghabiskan waktu dalam media sosial, forum, dan blog yang dapat memberikan keuntungan bisnis bagi anda dalam hal melakukan promosi produk.

Kesimpulan

  • Internet marketing adalah salah satu pemasaran yang dilakukan dengan bantuan media internet pada berbagai platform digital yang ada. Sebagai contoh media sosial, blog, forum, website, dan mesin pencari.
  • Tujuan dari internet marketing sendiri adalah mendapatkan konsumen yang lebih luas, serta sebagai sarana untuk mempromosikan kegiatan bisnis.
  • Contoh strategi internet marketing yang dapat dilakukan adalah dengan cara membuat website, optimasi SEO, email marketing, social media marketing, afiliasi, membuat blog, dan memanfaatkan Google Bisnisku.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar