R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Cari Blog Ini

Tutorial Cara Memperbaiki Komputer Lag, Lemot, Hang, Lola Dan Sebagainya!

Gozlag.com - Pada era digital ini, Komputer sudah menjadi perangkat yang mendampingi kita dalam kegiatan sehari-hari, baik itu untuk pendidikan, pekerjaan bahkan hiburan.

Semakin sering kita menggunakan Komputer, maka semakin sering pula kita bertemu dengan masalah yang terjadi di dalamnya.

Ya ... Lagging menjadi masalah paling banyak ditemui, entahkan itu disadari atau tidak Komputer yang kinerjanya lambat sangat berpengaruh pada hasil dan pekerjaan kita.

Pahami dulu apa itu Lag, Lemot, Lola (Loading Lambat) dan lain sebagainya.

Pernah denger celetukan begini
Duh, komputernya ngelag!

Nge-Lag, Lemot, Lola (Loading Lambat), Freeze dan lain-lain. Pada intinya memiliki kasus yang serupa, ya ..., lama!

Lama di sini objektif, terjadi pada saat perangkat perangkat Processor dalam Komputer memproses dan mengolah data yang terpengaruh besarannya kapasitas yang disimpan oleh Memory. Bingung?

Lalu dari mana sumber masalahnya.

Sumber masalah utama daripada kinerja Komputer yang lambat adalah Tasking, Yup, pekerjaan kita yang melibatkan aplikasi apa sampai-sampai membuat komputer menjadi lemot.

Sebagai contoh, sebutlah kita sedang melakukan Browsing di Internet menggunakan Aplikasi Google Chrome, untuk pengumpulan data pekerjaan.

Di saat yang bersamaan data tersebut kita simpan dalam Aplikasi Microsoft Word sebagai bahan kita menyelesaikan pekerjaan.

Namun urgent-nya kita harus mengedit foto sebagai pelengkap data dalam aplikasi Adobe Photosop, supaya agar data yang kita buat sempurna dengan baik.

Bayangkan bilamana pekerjaan kita belum tersimpan, tiba-tiba komputer/laptop yang sedang kita gunakan malah Hang/Freeze.

Tahukah kamu!?

Satu aplikasi itu bisa memiliki 3 kali proses
  • Yang pertama adalah Front Process
  • Yang kedua adalah Background Process
  • Dan terakhir adalah Foreground Process
Sebut saja satu aplikasi seperti Google Chrome mempunyai beban prosesnya rata-rata 1 Gb.
Background proses google chrome

Skrinsut di atas adalah aplikasi google chrome yang saat ini tengah saya gunakan untuk membuat tutorial ini. 

Bayangkan ketika kita gunakan 3 aplikasi maka cukup dikalikan 3 prosesnya, ya ... 3 Giga Byte memori sedang kita digunakan.

Apakah sepadan dengan kapasitas memori komputer yang saat ini sedang kita gunakan?

Mari kita cek kapasitas RAM yang kita miliki.

Caranya mudah, silakan masuk ke Explorer lalu cari This PC, klik kanan di sana lalu pilih properties.

memperbaiki komputer lag
Cara melihat RAM

Kebetulan RAM saya 8 GB jadi masih cukup untuk menggunakan 3 aplikasi sekitaran 3 GB proses, tapi bayangkan jika RAM kamu hanya 4 GB.

Tentu saja hanya akan tersisa 1 GB saya, itu pun belum terpotong Windows Proses yang sekitar butuh RAM 1,2 GB untuk windows 10. Over load ya.

Bagaimana, sudah ada gambaran?

Jadi intinya komputer kita yang biasanya normal tiba-tiba menjadi lemot, sebab pertama yang perlu kita cek adalah Multiprosesnya terlebih dahulu, apakah kita sedang menggunakan aplikasi yang melebih batas RAM atau tidak.

Tutorial Cara Memperbaiki Komputer Lag/lemot

Silakan cek terlebih dahulu Windows Task Manager
Caranya : 
Tekan klik kanan pada Taskbar windows kemudia kita pilih Task Manager

memperbaiki komputer lag
Cara masuk task manager

Bila layar aplikasi Task Manager sudah terbuka, di sini kita bisa memeriksa aplikasi mana-mana saja yang memakan ram banyak.



Caranya 
Klik kanan aplikasi yang ingin dihentikan lalu pilih End Task 
Berikut contohnya
memperbaiki komputer lag
Cara force close aplikasi

Sampai tahap ini, seharunya Lag, Lemot, Hang Loading, Lambat dan lain sebagainya sudah berkurang, bilamana lag masih tetap sama, cobalah untuk merestart komputernya lalu dinginkan suhu sampai sekiranya kembali segar.

Klik kanan refresh juga masih sangat membantu memperlancar proses kinerja processor, kita bisa sesekali melakukan refresh komputer pada saat sedang bekerja, saya pun demikian.

Kasus ini lain pihak bilamana komputer kita sudah lemot/lola sedari awal dinyalakan. Tutor ini hanya berlaku bilamana komputer yang biasanya kita gunakan normal, tiba-tiba lag.

Untuk kasus tersebut akan dibahas di tutor yang lain, semoga masih ada usia.

Mudah-mudahan dengan cara ini bisa meringankan beban lag yang saat ini Anda alami, ada pertanyaan silakan cantumkan di kolom komentar, terima kasih.

Baca Juga

Rekomendasi Artikel

Posting Komentar