R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Cari Blog Ini

Bingung Lulus SMK TKJ Mau Kemana? Baca ini!

Gozlag.com – Tak terasa wajib belajar 9 Tahun sudah di penghujung jalan, masa-masa SMK yang penuh canda tawa akan segera berakhir. Kini saatnya lulus, mungkin ada di antara kita yang bersusah payah untuk bisa sekedar lulus, berbanggalah ..., selamat datang di Masyarakat.

Tapi sebentar ... mau ke mana?
Kerja?
Kuliah?
Wirausaha?
Apa Nikah? (serem)

Yuk kita kupas tuntas tentang sedikit "Masa depan" masa yang akan datang menurut versi (kamu).


Kawan sekali lagi, izinkan saya selaku penulis mengucapkan selamat yang sebahagia-bahagianya kepada kamu yang baru saja lulus.

Mari sejenak kita lupakan keluh-kesah di masa lalu, dan mari kita merangkai masa depan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Saya yakin atas dasar rasa keingintahuan kamu, kegelisahan, bingung, atau apapun itu yang membuat kamu bisa sampai pada artikel sederhana ini. Semoga dengan adanya artikel ini, sedikitnya bisa membantu kamu dalam memecahkan pertanyaan yang saat ini sedang kamu hadapi - Mau kemana diriku?

Sebelum ke sana mari kita tengok gambar di bawah ini, seru lho.
Ini dia penampakan kita ketika lulus (kurang/lebih)

Hehe ... bahagia banget ya sampe terbang begitu.


Hmm .. mulai coret-coret nih.


Asiiik ... waktunya say goodbay masa SMA, Welcome new life guys!


Sekarang waktunya kompoi geeeng! Seneng banget ..., sayangnya kita melupakan sesuatu, lalu hari-hari berikutnya adalah ...




Waktunya tes seleksi kerja


Lulus tes langsung kerja, tak lolos tes lamar kerja lagi, desak-desakan lagi, ke sana kemari lagi, kalo menyerah jadinya 

Udah berusaha mati-matian ternyata masih nihil, hasilnya masih belum kata Tuhan.


Ini gambar terakhirnya


Gimana ..., sudah ada pencerahan?
Atau mungkin malah mengkerut, menciut, dan takut ... jangaaan!

Gambar-gambar di atas adalah kejadian nyata yang terjadi di sekitar kita, namun kita memandang sebelah mata, supaya tidak termasuk ke dalam zona tersebut mari kita rencanakan masa depan kita sedari dini.

Bila memang sudah terlanjur masuk ke dalam zona tersebut, jangan menyerah, tetaplah berusaha.
Saya (nama kamu) harus bisa keluar dari zona suram yang ada di gambar-gambar atas, berusahalah!

Mari kita mulai lagi dari awal. Pertama mari kita pahami situasi kita saat ini.

Siapa kamu?

Terkadang mungkin ada yang lupa dengan diri sendiri, silakan bercermin ulang, baca diri kamu, siapa kamu, apa kemampuan kamu, apa latar belakang kamu, kemana tujuan kamu.

Memahami diri sendiri itu katanya lebih sulit daripada memahami orang lain, padahal nyatanya bukan begitu, yang sulit itu mau menyadari diri sendiri.

Apa Latar belakang pendidikan terkahir kamu?

Latar belakang pendidikan selalu merujuk pada golongan orang-orang yang berkecimpung dengan karir kerja. Berbeda dengan pengusaha yang tidak mementingkan golongan pendidikan.

Sebagai contoh Aparatur Sipil Negara minimal dengan pendidikan SLTA sederajat, baru boleh melamar dan memenuhi administrasi.

Beberapa profesi kerja juga membutuhkan kualifikasi pendidikan tinggi untuk bisa bergabung di dalamnya, sebagai contohnya seorang guru dengan minimal pendidikan S1 Pendidikan, Bankir dengan S1 Perbankannya, dll.

Apa nilai lebih kamu Selain pendidikan terakhir?

Selain daripada Ijazah terakhir, ada juga beberapa profesi pekerjaan yang menuntut pendidikan ekstra diluar pendidikan formal seperti TOEFL untuk sertifikat kemampuan Bahasa Inggris.

Ada juga yang harus memiliki sertifikasi pelatihan kusus untuk bidang pekerjaan seperti Networking IT, Web Developer, Enginer, Cyber Security Dll.

Lulus ..., Kuliah, Kerja atau Wirausaha?

Semua orang bebas memilih, setiap orang merdeka, mau hidup sebagaimanapun ..., silakan. Tidak akan ada orang yang melarang, itu hak Anda.

Setelah lulus Sekolah memilih Kuliah

Kuliah adalah pilihan tepat dan terbaik bagi kita semua. Daripada menimbun harta, lebih baik menuntut Ilmu.

Kesempatan kerja setelah lulus kuliah semakin terbuka lebar, bahkan ada yang sampai melanjutkan S2 nya di luar negeri.

Sayangnya tidak semua orang bisa memilih kuliah.
Ada yang ingin kuliah terhambat ekonomi
Ada yang bisa kuliah tak kunjung lulus
Bahkan ada yang mengorbankan kuliahnya

Jika memiliki kesempatan, kuliahlah selagi bisa!

Jika memilih Kuliah sambil Kerja Ambil Kelas Karyawan

Tidak hanya orang yang memiliki uang dan waktu saja yang bisa kuliah. Zaman sekarang orang yang super miskin sekalipun bisa kuliah dengan memanfaatkan Beasiswa.

Jika memiliki uang tapi tidak punya cukup waktu mungkin kamu bisa memilih kuliah sambil kerja dengan memanfaatkan Kuliah Kelas Karyawan.

Tidak ada yang membedakan antara kuliah kelas karyawan dengan kuliah kelas reguler, malah pemerintah pun mendukungnya demi menambah wawasan dan pengetahuan, apalagi jenjang karir.

Pasalnya yang membedakan kuliah kelas karyawan dengan yang lain adalah alokasi waktu belajarnya, terbadapat beberapa waktu berbeda untuk kelas karyawan, diantaranya:

  • Kelas setiap hari antara hari Senin sampai Sabtu, tapi waktu kuliahnya selepas jam kantor antara jam 17.00 – 23.00.
  • Kelas karyawan dilaksanakan full day setiap weekend sabtu - minggu, 2 kali pertemuan.
  • Kelas karyawan blended learning dengan perkuliahan online atau e-learning ditambah perkuliahan tatap muka satu kali dalam satu minggu.
  • Kelas ekstensi untuk lulusan D3 yang ingin meneruskan ke S1. Lama perkuliahan menyesuaikan konversi mata kuliah. Kelas ekstensi juga bisa dijalankan pada program kuliah reguler.

Bila memilih Kuliah sambil Kerja dan kuliah di Universitas Terbuka

Kuliah yang ini tidak ada bedanya dengan kelas Reguler, yang membedakan di Universitas terbuka adalah kita tidak dibatasi usia untuk ikut belajar di dalamnya. Apalagi UT selalu disandingkan dengan sistem belajar jarak jauh.

Setelah lulus Sekolah memilih Kerja meniti karir

"Kerja dulu apa kuliah dulu, kita kan kuliah buat kerja?"
Sering banget ya denger pertanyaan kayak gitu. Yang menjadi lucu kadang pertanyaan itu ditanyakan oleh pengangguran yang engga kuliah pula.

Ya ... bekerja adalah pilihan terbaik bagi siapapun yang tak ingin membebani otak mereka dengan rasa kantuk menuntut ilmu.

Sekarang CPNS pun sudah mulai banyak lagi yang melakukan rekruitmen dari lulusan SMK/SLTA sederajat.

Lowongan pekerjaan di pabrik-pabrik besar seperti pabrik kendaraan, pabrik buku, pabrik makanan, garmen, pakaian dll. Banyak melakukan rekruitmen ke sekolah melalui program Bursa Kerja Khusus dan Ekskul sekolah.


Setelah lulus Sekolah Berwirausaha

Keren banget bila bisa berwirausaha setelah menjadi fresh graduated, ini beberapa contoh referensi wirausaha dengan modal minim.

  1. Jasa membuat web butuh skill #frontend dan #backend
  2. Jual e-book pemrograman, kamu bisa menulis ebook tentang pemrograman tertentu mulai awal sampai mahir, dan jual aja di website atau media sosial. Seperti yg dilakukan petanikode, duniailkom, dll.
  3. Jual source code bisa dijual di marketplace source code seperti codecanyon.net
  4. Jual video tutorial, kamu bikin aja step-by-step programming dari awal sampai mahir berupa video. Kemudian jual deh. Banyak orang suka belajar melalui video.
  5. Melalui tulisan di blog bisa kamu monetize di adsense
  6. Jadi youtuber juga bisa jadi pilihan yg menggiurkan. Karena kamu bisa dapat penghasilan dari adsense di youtube, seperti yg dilakukan oleh pak @sandhikagalih.
  7. Jual template web juga bisa kamu lakukan melalui marketplace seperti themeforest.net. Kamu tinggal membuat template untuk CMS atau HTML. Skill frontend sangat dibutuhkan dalam hal ini.
  8. Bikin e-course melalui udemy atau buka private course juga banyak peminatnya lho.
  9. Menjadi programmer freelance bisa kamu lakukan tanpa terikat di perusahaan. Jadi kamu bisa manfaatkan platform seperti freelancer.com, upwork, dan sejenisnya untuk mencari project.
  10. Dengan membuat banyak aplikasi mobile, bisa kamu manfaatkan penghasilan melalui iklan atau fitur premium.

Baca Juga

Rekomendasi Artikel

Posting Komentar